Perancangan dan Evaluasi pengalaman pengguna UI/UX Platform Pedulikan dengan Metode Design Thinking

Penulis

  • Mohamad Meazza Aprilianda Institut Teknologi Sumatera
  • Yondika Vio Landa Institut Teknologi Sumatera
  • Rivaldi Yonathan Nainggolan Institut Teknologi Sumatera
  • Mugi Praseptiawan Institut Teknologi Sumatera
  • Andika Setiawan Institut Teknologi Sumatera

Kata Kunci:

Pedulikan, Design Thinking, Perundungan, System Usability Scale

Abstrak

Perundungan atau yang lebih dikenal sebagai bullying, merupakan permasalahan serius yang melibatkan lingkungan pendidikan dan masyarakat secara luas. Untuk mengatasi perundungan dan kekerasan, dibutuhkan langkah-langkah pencegahan dan pendidikan yang efektif. Di era digital saat ini, aplikasi mobile telah menjadi sarana yang efisien dan luas dalam penyebaran informasi serta memfasilitasi upaya penanggulangan perundungan. Oleh karena itu, penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan membantu individu yang mengalami dampak kesehatan mental akibat perundungan, memberikan wadah aman untuk berbagi pengalaman serta mendapatkan dukungan, sekaligus meningkatkan kesadaran dan pemahaman mengenai perundungan guna menciptakan lingkungan yang inklusif dan aman. Dalam merancang pengalaman pengguna (user experience), penulis mengadopsi metode design thinking yang meliputi rangkaian tahapan seperti empati, definisi, ideasi, prototipe, serta pengujian, dengan berulang kali menjalani proses tersebut guna menyajikan solusi yang optimal terhadap permasalahan pengguna. Setelah tahap pengembangan berjalan, penulis berhasil menghasilkan sebuah aplikasi berbasis mobile yang diberi nama PEDULIKAN. Aplikasi PEDULIKAN dirancang dengan berbagai fitur, termasuk tes kesehatan mental, layanan konseling, ruang untuk berbagi cerita, dan tantangan empati. Teknologi kecerdasan buatan artificial intelligence (AI) juga diintegrasikan dalam aplikasi ini. Dalam upaya memastikan solusi yang efektif, penulis melaksanakan pengujian dengan menggunakan system usability scale (SUS). Hasil pengujian menunjukkan bahwa para pengguna berhasil menyelesaikan skenario yang ditetapkan dan mencapai tujuan mereka dalam menggunakan aplikasi PEDULIKAN.

Referensi

authorCorporate:UNESCO, “Behind the numbers: ending school violence and bullying,” Sustainable Development Goals: Education 2030, 2019.

S. Winarno, “Waspada Doxing,” Malang Post, vol. 0, no. 0, 2020.

E. A. Fuentes, P. R. Carvallo, and S. R. Poblete, “Bullying as a risk factor for depression and suicide,” Rev Chil Pediatr, vol. 91, no. 3, 2020, doi: 10.32641/rchped.v91i3.1230.

S. Peren, “Statistik Tentang Kasus Bullying Di Indonesia,” Depoedu.com, 2022.

Z. A. Bakar and Syahruddin M., “The importance of social support to bullying sictims: A case study in Indonesia,” Psychosom Med, vol. 38, no. 5, 2017.

D. R. K. Khotimah, “SDGs Achievement on Social Pillars: A Spatiotemporal Analysis of Education Participation in Indonesia for the 2015 to 2021 Period,” Jurnal Educative: Journal of Educational Studies, vol. 7, no. 1, 2022, doi: 10.30983/educative.v7i1.5431.

A. Firdaus, “Optimalisasi potensi teknologi generasi millenial melalui investasi digital di era society 5.0,” Jurnal Integrasi dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial (JIHI3S), vol. 1, no. 10, 2021, doi: 10.17977/um063v1i10p1131-1137.

A. Bangor, P. T. Kortum, and J. T. Miller, “An empirical evaluation of the system usability scale,” Int J Hum Comput Interact, vol. 24, no. 6, 2008, doi: 10.1080/10447310802205776.

L. W. Barsalou, “Define Design Thinking,” She Ji, vol. 3, no. 2. 2017. doi: 10.1016/j.sheji.2017.10.007.

T. Miaskiewicz and K. A. Kozar, “Personas and user-centered design: How can personas benefit product design processes?,” Des Stud, vol. 32, no. 5, 2011, doi: 10.1016/j.destud.2011.03.003.

A. Lucero, “Using affinity diagrams to evaluate interactive prototypes,” in Lecture Notes in Computer Science (including subseries Lecture Notes in Artificial Intelligence and Lecture Notes in Bioinformatics), 2015. doi: 10.1007/978-3-319-22668-2_19.

P. B. M. Fahim, R. An, J. Rezaei, Y. Pang, B. Montreuil, and L. Tavasszy, “An information architecture to enable track-and-trace capability in Physical Internet ports,” Comput Ind, vol. 129, 2021, doi: 10.1016/j.compind.2021.103443.

Unduhan

Diterbitkan

31-10-2023