Transpeed: Aplikasi Tracking Bus Trans Secara Real-time Menggunakan GPS Berbasis Mobile
Kata Kunci:
Bus Trans, Transpeed, Design Thinking, System Usability Scale, Usability testingAbstrak
Bus Trans menjadi salah satu pilihan transportasi umum di Provinsi Gorontalo. Dinas Perhubungan Bus Trans sudah mempunyai pedoman operasional bus trans berupa rancangan jadwal kedatangan dan keberangkatan bus trans. Namun, distribusi informasi berupa jadwal, rute, lokasi dan ketepatan waktu kedatangan bus trans masih disebarkan menggunakan platform whatsApp. Metode pembayaran yang digunakan pun masih dilakukan secara manual, hal ini kemudian berdampak pada sulitnya proses identifikasi jumlah dan pencatatan transaksi yang dilakukan dalam sehari. Selain itu, hal ini menjadi pemicu rentannya resiko permainan harga petugas bus trans dalam penyetoran penghasilan kepada pihak Dinas Perhubungan. permasalahan-permasalahan ini kemudian dapat diatasi melalui aplikasi tracking bus trans yaitu Transpeed yang dapat mempermudah masyarakat untuk memperoleh informasi secara real-time. Aplikasi ini dikembangkan dengan menggunakan metode Design Thinking yang membantu memberikan pelayanan aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan user. Pengumpulan data melalui wawancara kepada target user dan pembagian kuesioner berupa SUS (System Usability Scale) untuk melihat tingkat kepuasan user bus trans terhadap aplikasi Transpeed. Pada tahap akhir uji coba aplikasi metode yang digunakan adalah Usability testing yang mengacu pada pengukuran success rate, pengukuran the time a task requires, pengukuran error rate, dan pengukuran SUS (System Usability Scale).Referensi
Badan Pusat Statistik, “Perkembangan Jumlah Kendaraan Bermotor Menurut Jenis (Unit), 2022,” Badan Pusat Statistik. https://www.bps.go.id/indikator/indikator/view_data_pub/0000/api_pub/V2w4dFkwdFNLNU5mSE95Und2UDRMQT09/da_10/1 (accessed Jul. 03, 2023).
J. P. I. Sari, “Jumlah Bus di Indonesia Tembus 257.435 Unit, di Jawa Terbanyak,” Kompas, 2023. https://amp.kompas.com/otomotif/read/2023/03/19/142145815/jumlah-bus-di-indonesia-tembus-257435-unit-di-jawa-terbanyak (accessed Jul. 05, 2023).
Republik Indonesia, UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 3 TAHUN 1965 TENTANG LALU LINTAS DAN ANGKUTAN JALAN RAYA. Indonesia: https://www.dpr.go.id/dokjdih/document/uu/UU_1965_3.pdf, 1965.
Q. Puspita and T. Informasi, “Pengembangan Aplikasi Mobile Berbasis Android untuk Sistem Informasi Transportasi Umum dengan Fitur Pencarian Rute dan Jadwal Bus,” vol. 3, no. 4, pp. 1–2, 2023.
S. SAHARA and Delvia Yuliana, “Analisis Tingkat Kepuasan Pelanggan Dalam Penerapan Sistem Boarding Pass Di Gate Keberangkatan Terminal Terpadu Pulo Geban,” Logistik, vol. 14, no. 1, pp. 44–56, 2021, doi: 10.21009/logistik.v14i1.20507.
S. Soedewi, A. Mustikawan, and W. Swasty, “Penerapan Metode Design Thinking Pada Perancangan Website UMKM Kirihuci,” vol. 10, p. 84, 2022.
D. Ayu, N. Wulandari, and T. Kuspriyono, “Design UI / UX Dengan Menggunakan Metode Design Thingking Pada Website UMKM Hendz Florist Aglonema,” vol. 5, no. 1, 2023.
A. Setiawan, “Mengenal UX Deliverables, User Persona, User Flow, Wireframe, dan Prototype,” Buildwithangga, 2022. https://buildwithangga.com/tips/mengenal-ux-deliverables-user-persona-user-flow-wireframe-dan-prototype (accessed Aug. 27, 2023).
B.Priambodo,“Desain Proses#2— Define,” Belajar Design, 2019. https://medium.com/belajar-desain/desain-proses-2-define-93404a230ea2#:~:text=Apa itu How Might We,itu pasti dapat diselesaikan. (accessed Aug. 27, 2023).
A. R. Pradana, M. Idris, S. Kom, and M. Kom, “Implementasi User Experience Pada Perancangan User Interface Mobile E-learning Dengan Pendekatan Design Thinking (Studi Kasus: Amikom Center),” Automata, vol. 2, no. 2, 2021.
N. Luh Putri Ari Wedayanti, N. Kadek Ayu Wirdiani, and I. Ketut Adi Purnawan, “Evaluasi Aspek Usability pada Aplikasi Simalu Menggunakan Metode Usability Testing,” J. Ilm. Merpati (Menara Penelit. Akad. Teknologi. Informasi), vol. 7, no. 2, p. 113, 2019, doi: 10.24843/jim.2019.v07.i02.p03.
D. A. Rusanty, H. Tolle, and L. Fanani, “Perancangan User Experience Aplikasi Mobile Lelenesia (Marketplace Penjualan Lele) Menggunakan Metode Design Thinking,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komputer., vol. 3, no. 11, pp. 10484–10493, 2019, [Online]. Available: https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/6700/3240
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Nur Fadhila Bokings, Mohammad Fadel Djibran, Lintang Cahyani Putri, Ahmad Azhar Kadim

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.